Solusi Mengatasi Layar Monitor Bergetar

Monitor komputer atau laptop kita merupakan salah satu hardware mengemban fungsi vital dari keseluruhan kegiatan kita dalam menggunakan komputer. Sekarang ini sudah ada beberapa jenis monitor yang beredar dipasaran, mulai dari monitor CRT (Catode Ray Tube) yang konvensional, LCD (Liquid Crystal Display) dan juga LED (Light Emitting Diode) monitor.
Jika kita menggunakan monitor jaman dulu seperti siemens atau compaq, tidak jarang menemui masalah yang berhubungan dengan resolusi. kadang jika diganti dengan resolusi tinggi maka layar monitor langsung bergoyang, atau bergetar, atau malah gambarnya tidak kelihatan, atau jika anda pakai windows xp walaupun vga anda sudah terdeteksi tapi resolusi monitornya tidak bisa bergerak dari 800×600 pixel. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips mengatasi masalah yang dulu membuat kepala saya pusing. sebenarnya masalahnya ada di monitor yang tidak bisa menampilkan screen refresh rate tinggi

Faktor Penyebab
  • Layar bergetar terjadi karena adanya masalah pada driver VGA yang tingkat kompatibilitasnya belum terintegrasi sempurna dengan Windows 7 (Asumsi ini diambil karena pada Windows XP tidak mengalami masalah).
  • Jenis VGA yang terdapat pada notebook adalah integrated VGA, bukan super VGA dengan chipset berkualitas seperti NVidia, ATi Radeon atau yang sejenis (Seperti punya saya sendiri, integrated onboard Intel VGA membuat layar notebook menjadi bergetar) 
  • Bisa Juga Layar Monitor Berdampingan dengan speaker aktif yang jaraknya terlalu dekat

Untuk mengatasi masalah resolusi monitor tersebut silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.
Cara 1
 1. Jauhkan monitor dari benda/barang elektronik lainya, seperti PC,stabilizer, speaker active dan yang lainnya, artinya jangan menumpuk atau atur posisi antara monitor dengan PC, stabilizer, ups, speaker agar tidak terlalu berdekatan.
  1. Klik kanan di desktop kemudian pilih properties untuk pemakai windows XP, selanjutnya Klik tab Settings (pada bagian atas jendela tersebut)
  2. Untuk Pengguna Windows 7 pilih  screen resolution Selanjutnya pilih Advance Setting dan pilih tab mobitor
  3. Klik tombol Advanced yang terdapat dibagian kanan bawah jendela tersebut
  4. Setelah muncul jendela baru (advanced setting) silahkan Klik tab Monitor
  5. Pada monitor setting ganti screen refresh rate menjadi 60 Hertz
  6. JIka diperlukan silahkan hilangkan tanda centang/cawang pada Hide modes that this monitor cannot display agar monitor anda bisa menampilkan resolusi 1024x 768 dengan catatan anda harus membaca peringatan (clearing this check box allows you to select display modes that this monitor cannot display correctly. this may lead to an unusable display and/or damage hardware) artinya kalo gak salah gini kalo anda hilangkan centang di checkbox mungkin monitor akan mengeluarkan tampilan dengan baik. hal ini bisa menyebabkan hardware rusak (kira-kira begitu), sudah saya coba dan monitor saya alhamdulillah baik-baik aja dengan tampilan 1024×768



 

  1. Kalau sudah ya silahkan apply atau di Ok
Cara 2
1. Beralihlah ke Windows XP (Dengan catatan driver VGA notebook / pc tersedia dan kompatibilitasnya memang sudah tidak perlu diragukan).
2.   Saat layar bergetar, coba “Minimize” semua program yang anda buka dan kemudian “Maximize” lagi ke posisi semula
Cara 3
Untuk Memastikan Coba tukar dengan Monitor Lain jika hasilnya sama berarti bisa jadi VGA yang bermasalah. Coba tes dengan VGA add on.
Selamat Mencoba