Tempat Wisata Garut Jawa Barat Indonesia


Tempat Wisata Garut

Pesona tempat wisata Garut terletak pada keindahan alamnya yang menawan. Garut telah dikenal sejak lama dengan destinasi wisatanya yang populer, di antaranya Gunung Papandayan, Pemandian Air Panas Cipanas, hingga Situ Bagendit. Dari kota Bandung, Anda dapat tiba di Garut dengan jarak tempuh perjalanan sejauh 60 km.
Garut terkenal dengan oleh-oleh khas yang bernama dodol Garut. Selain makanan, Garut juga memiliki nama besar dalam dunia kerajinan kulit. Sejumlah produk pakaian dari kulit, seperti jacket dan sarung tangan telah diakui kualitasnya sebagai yang salah satu yang terbaik dari wilayah Jawa Barat.
Banyak hal yang dapat dilakukan di Garut, mulai dari mengunjungi sejumlah tempat wisata Garut, menjelajahi kuliner Garut, hingga berbelanja aneka produk kulit seperti jacket, sepatu, dan lain-lain.

Karena letaknya yang berada di selatan Jawa Barat, maka Garut juga memiliki wisata pantai dengan panorama laut yang menawan. Salah satu yang menarik adalah Pantai Santolo, terletak sekitar 3.5 jam dari pusat kota Garut.

Tempat Wisata Garut

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Garut yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Garut ini adalah wisata alam yang menawan.
Gunung Papandayan di Garut
Gunung Papandayan di Garut

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung api dengan ketinggian 2.622 m dpl dan memiliki kawah aktif. Tempat wisata Garut yang satu ini memiliki pesona pada panorama alamnya yang indah, kawah gunung, tempat berkemah yang menarik, serta berada dalam kawasan Taman Wisata Alam.
Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain trekking, hiking, fotografi, hingga rekreasi hutan. Hal ini akan sangat tepat bagi Anda yang menyukai wisata alam menembus hutan.
Gunung Papandayan terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, hanya berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Garut. Di kawasan Taman Wisata Alam ini, terdapat juga sebuah cagar alam yang diperuntukkan bagi kepentingan penelitian flora dan fauna.

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang

2. Candi Cangkuang

Inilah candi Hindu yang berada di Garut, candi ini telah berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama, yaitu Kerajaan Galuh. Candi Cangkuang terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut.
Candi Cangkuang adalah sebuah cagar budaya yang tetap terpelihara hingga kini. Nama Candi Cangkuang berasal dari nama sebuah desa, yaitu Desa Cangkuang.
Nama Desa Cangkuang itu sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad.
Air Panas Cipanas Garut

3. Pemandian Air Panas Cipanas Garut

Kawasan wisata pemandian air panas di Cipanas Garut adalah salah satu tempat wisata Garut yang populer. Tempat wisata ini selalu ramai dengan pengunjung. Anda dapat menemukan banyak hotel, penginapan, hingga bungalow di sana. Lokasi pemandian air panas Cipanas ini tidak jauh dari pusat kota Garut, hanya berjarak sekitar 6 km. Anda dapat dengan mudah tiba di sana dalam waktu 15 menit.
Air panas di Cipanas ini mengandung berbagai mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta memiliki khasiat penyembuhan. Suhu air panas berkisar antara 37-46 derajat celcius.
Di kolam pemandian air panas, Anda dapat mengembalikan kebugaran tubuh dengan mengendurkan otot-otot yang kaku serta untuk relaksasi. Di kawasan Cipanas Garut ini juga, Anda dapat memilih untuk melakukan kegiatan hiking dan Paralayang di gunung Guntur.
Situ Bagendit di Garut
Situ Bagendit di Garut

4. Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah sebuah danau, dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar panorama alam pegunungan yang begitu menawan hati. Di tempat wisata Garut yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak kegiatan, seperti menaiki rakit bambu, bersepeda air, canoe, memancing, hingga jet ski.
Panorama alam yang indah adalah daya tarik utama yang ada di Situ Bagendit, tak ayal destinasi wisata Garut ini menjadi populer sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang menarik.
Fasilitas publik yang lengkap di areal wisata akan memastikan perjalanan wisata Anda akan menyenangkan selama berada di sana. Dari pusat kota Garut, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 13 km untuk dapat sampai di Situ Bagendit ini, atau perjalanan sekitar 30 menit.
Kawah Putih Talaga Bodas
Kawah Putih Talaga Bodas

5. Kawah Putih Talaga Bodas

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Garut yang sarat akan keindahan alam, maka Kawah Putih Talaga Bodas adalah salah satu yang menarik. Talaga Bodas artinya danau putih.
Di tempat wisata Garut ini, Anda akan merasakan udara pegunungan yang begitu segar, menyaksikan perbukitan hijau yang sungguh mempesona. Pada umumnya, keindahan wisatanya tak jauh berbeda dengan apa yang dapat Anda temui di Kawah Putih Ciwidey.
Beberapa kegiatan yang menarik dilakukan selain menikmati panorama alam adalah berendam air panas, sebab tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati. Air panas dengan kadar belerang yang tinggi akan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah. Kawah Putih Talaga Bodas adalah juga sebauh destinasi piknik yang menarik di Garut.

Arung Jeram Sungai Cimanuk
Arung Jeram Sungai Cimanuk

6. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk adalah sebuah karunia alam yang menarik, menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang sangat direkomendasikan bagi Anda penyuka kegiatan arung jeram atau rafting.
Karakteristik sungai Cimanuk di Garut ini sangat ideal bagi rafting. Jeram-jeram cadas dengan aliran air yang deras dapat membuat adrenalin Anda bekerja cepat, menambah daya tarik arung jeram yang menantang dan seru. Selain di Garut, tempat rafting menarik juga dapat Anda temui di salah satu tempat wisata di Sukabumi.

Panorama alam di kawasan Sungai Cimanuk adalah satu yang menarik berbarengan dengan kegiatan arung jeramnya. Anda dapat menyaksikan tebing-tebing indah, air terjun, hingga melintasi kawasan hutan bambu yang lebat.
Pantai Santolo di Garut
Pantai Santolo di Garut

7. Pantai Santolo

Inilah tempat wisata Garut dengan keindahan wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Santolo ini berada di daerah Pameungpeuk, Garut. Anda akan menjumpai pasir pantai yang putih, lengkap dengan karang dan perahu nelayan yang memberi panorama yang mengasyikkan.
Pantai Santolo terletak sekitar 88 km dari pusat kota Garut, Anda akan memakan waktu perjalanan sekitar 3.5 jam untuk dapata sampai di pantai yang indah ini.
Di kawasan Pantai Santolo terdapat banyak rumah makan dengan sajian sea food. Anda dapat bersantai sembari menyantap hidangan laut. Jika ingin menginap, tersedia banyak penginapan dengan biaya yang murah untuk dapat bermalam di kawasan Pantai Santolo tersebut.