Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Cara Mengatasi Hard disk Bad SectorCara Mengatasi Hardisk Bad Sector - Apakah bad sector itu? Bad sector adalah cluster dari sebuah data di dalam hardisk yang tak bisa terbaca. Kerusakan tersebut berpotensial menyebabkan kerusakan yang lebih fatal terhadap hard disk jika sampai menyebar. Tekanan pada “head” pembaca piringan hardisk yang memaksakan diri untuk membaca data adalah penyebab utama kerusakan fatal pada hardisk. Bad sector sudah sangat umum terjadi. karena sebagus-bagusnya merek sebuah hardisk pasti ada human error yang menyebabkan bad sector terjadi.

  • Penyebab bad sector
Sebelum lebih jauh kita membahas cara mengatasi hardisk bad sector, perlu kita ketahui penyebab-penyebabnya terlebih dahulu.
  1. Mematikan komputer dengan cara yang tidak benar. Maksudnya adalah mematikan dengan tidak menggunakan perintah shutdown. Penyebab paling sering adalah terjadinya pemadaman listrik dari PLN.
  2. Cacat produksi pada hardisk, kebocoran hardisk sehingga debu bisa masuk, head yang menggores piringan hardisk, membawa hard disk dengan sembrono.
  3. Umur hardisk yang sudah tua, kualitas yang buruk, hardisk terlalu panas, termasuk pemasangan kabel yang kurang pas atau kualitas kabel yang jelek.
  4. Virus atau malware.
Cara Mengatasi Hard disk Bad Sector
Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector
  • Macam-macam bad sector
Yang pertama adalah hard bad sector. Kerusakan pada fisik hardisk, bisa terjadi karena goresan head pada piringan. Penyebabnya adalah saat hardisk bekerja, PC Anda tersenggol sehingga terjadi guncangan. Kasus yang paling sering terjadi adalah pada hardisk external. Hard bad sector tak bisa di-repair akan tetapi bisa dicegah.
Kedua adalah soft bad sector. Kerusakan ini terjadi saat Error Correction Code (ECC) menemukan data yang tidak sesuai dengan konten di sector tersebut. Atau bisa disebut error pada data bukan pada fisik. Hal ini masih bisa diperbaiki dengan melakukan overwrite bilangan biner pada angka nol.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Windows sudah memiliki fasilitas ”chkdsk”. Sebaiknya Anda menjalankan tool ini secara rutin. Hal ini bisa mencegah, mendeteksi, menandai dan mengatasi error yang ada pada hardisk, sehingga system windows tidak berusaha membaca data di sector yang sudah ditandai tersebut.
Ada sedikit masalah dalam menjalankan chkdsk ini, yaitu lamanya waktu pengecekkan. Hal ini tergantung pada kekuatan PC kita. Misalnya RAM yang bagus dan besarnya kapasitas hardisk termasuk jumlah file dan folder. Jadi sebaiknya jalankan check disk ini saat Anda sedang memiliki waktu senggang dan tidak memiliki tugas penting yang mengharuskan memakai komputer tersebut.
Sebelum menjalankan chkdsk, matikan semua program yang berjalan pada windows. Lalu ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka Windows explorer.
  • Klik kanan pada drive yang ingin dicek, lalu klik Properties.
  • Setelah jendela Properties terbuka, klik tab Tools.
  • Lihat di area Error-checking, klik tombol Check now…
  • Lalu muncul jendela baru, Anda bisa centang Automatically fix system error untuk memeriksa software yang rusak.
  • Silahkan centang Scan for and attempt recovery of bad sector jika tidak otomatis tercentang.
  • Klik Star, agar system mulai menjalankan pengecekkan dan membetulkan semua error yang ditemukan.
Cara Mengatasi Hard disk Bad Sector
Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector
Cara Mengatasi Hard disk Bad Sector
Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector
Cara Mengatasi Hard disk Bad Sector
Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector
Jangan gunakan komputer saat windows melakukan pengecekkan. Jika Anda melakukannya maka windows akan memberikan pesan error dan menanyakan apakah Anda ingin melakukan pengecekkan setelah windows di-restart. Jika Anda menjawab “Yes” maka komputer akan melakukan restart dan menjalankan pengecekkan kembali.
Apabila proses pengecekan gagal memperbaiki bad sector, mungkin anda perlu menyediakan uang kembali untuk membeli hardisk yang baru sebelum area bad sector menyebar dan data penting Anda banyak yang masuk ke dalam area bad sector.
  • Mencegah dan merawat hardisk
Pepatah mengatakan “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Oleh karena itu Anda sebaiknya memberikan perhatian pada hardisk maupun software yang akan Anda copy.
  • Pertama jaga agar komputer dalam keadaan tidak terlalu panas.
  • Gunakan hardware dari merk yang sudah teruji kualitasnya.
  • Jika ingin memindahkan komputer, lakukan dengan hati-hati.
  • Bawalah hardisk external dengan seminim mungkin guncangan yang terjadi pada perangkat.
  • Jangan gunakan kabel data yang terlalu panjang. Karena akan mengurangi daya listrik yang masuk pada hardisk.
  • Gunakan UPS untuk mencegah PC mati secara mendadak karena pemadaman listrik oleh PLN.
  • Selalu matikan windows dengan benar.
  • Gunakan program untuk men-defrag hardisk secara berkala, karena bisa memperpanjang umur hardisk.
  • Gunakan software yang berkualitas dan selalu jaga agar anti virus tersebut selalu update.
Itulah penjelasan singkat cara mengatasi hardisk bad sector. Jika Anda masih kurang sreg dengan cara di atas, ada program pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bad sector. Misalnya HDD Regenerator, Ariolic Disk Scanner, Flobo Hard Disk Repair, dll. Semoga berhasil.