Tips Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami


cara-mengatasi-jerawat-alami



Banyak sekali hal yang bisa mengganggu penampilan seseorang, mulai dari wajah berminyak, bintik hitam, hingga jerawat. Jerawat biasa muncul pada wajah, namun bisa juga muncul di kulit kepala dan punggung. Cara mengatasi jerawat pada punggung tentu lebih sulit daripada mengatasi jerawat di wajah. Karena terkadang tangan kita tidak terjangkau untuk menyentuh bagian punggung, dan juga tidak terlihat oleh mata kita. Jadi untuk mengobati jerawat di punggung kita terpaksa memerlukan bantuan orang. Demikian juga jerawat yang terjadi pada kepala. Sebelum kita lanjutkan lebih jauh perbincangan mengenai cara mengatasinya, maka kita perlu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan jerawat muncul.

Penyebab Munculnya Jerawat Dan Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Karena faktor yang berbeda itu maka cara mengatasi jerawat juga dilakukan sesuai dengan cara penyebabnya. Jadi tidak datang tanpa sebab yang tak tentu. Jika Anda pernah dengar jerawat datang jika orang sedang jatuh cinta, itu adalah hal yang bisa dibenarkan. Karena pada saat seseorang jatuh cinta maka dalam tubuhnya mengalami peningkatan hormon dan ini adalah penyebab pertama terjadinya jerawat. Beberapa penyebab terjadinya jerawat dan cara mengatasi jerawat secara alami antara lain:
1. Stres
Ketika seseorang sedang stres, maka muncullah beberapa hormon yang dapat menimbulkan jerawat. Cara mengatasi jerawat karena stres ini bisa dilakukan dengan cara refreshing. Anda bisa mengadakan liburan setelah beberapa hari mendapatkan tekanan dari pelajaran, atau pekerjaan Anda. Liburan ke pantai atau ke gunung bisa Anda lakukan ketika Anda sedang mendapatkan libur di akhir pekan. Agar tidak membosankan, Anda bisa mengajak beberapa teman yang bisa membuat Anda bisa menikmati liburan Anda.
2. Produksi minyak berlebih
Jika seseorang memiliki minyak berlebih, maka akan sangat rawan terkena jerawat. Nah, bagi Anda yang memiliki minyak berlebih, maka Anda harus cepat-cepat cari tahu cara mengatasi jerawat secara alami. Karena jerawat yang muncul pada wajah Anda bisa menjadi penyebab rusaknya penampilan Anda. Anda bisa melakukan banyak cara untuk melakukannya. Pertama Anda harus rajin membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih yang bisa mengandung alkohol.
3. Pola makan yang kurang baik
Cara mengatasi jerawat yang disebabkan karena pola makan yang kurang baik bisa diatasi dengan memperbaiki kembali pola makan Anda. Yaitu dengan cara memperbanyak serat dari buah dan sayur, banyak minum air putih, menghindari rokok, dan juga menghindari alkohol.
4. Jerawat karena kosmetik
Jerawat bisa juga terjadi karena penggunaan kosmetik yang salah. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat akibat kosmetik ini? Tidak sulit, karena Anda hanya perlu menghentikan pemakaian kosmetik yang saat ini Anda pakai. Kemudian, rajin-rajinlah membersihkannya. Dan selanjutnya, jangan menggunakan kosmetik untuk beberapa saat hingga jerawat Anda benar-benar hilang dan kulit Anda bisa bernafas dengan lega.
Cara mengatasi jerawat yang sedang Anda alami saat ini juga bisa di usir dengan menggunakan beberapa bahan alami, seperti buah-buahan. Lalu, buah-buahan apa yang bisa menjadi pengobat jerawat? Yuk kita simak:
1. Alpukat
Bukan rahasia lagi kalau alpukat bisa menjadi obat jerawat. Bahkan pada beberapa komposisi kosmetik seperti pada pembersih, pelembab, atau masker yang sering kita pakai pada beberapa kosmetik ada yang menggunakan kebaikan dari alpukat ini. Cara mengatasi jerawat secara alami dengan menggunakan alpukat ini cukup mudah. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan wajah, kemudian haluskan alpukat boleh dicampur madu dan oleskan pada seluruh wajah. Tunggu hingga kering dan bersihkan dengan menggunakan air hangat.
2. Timun
Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan timun. Seperti halnya alpukat, timun juga sering digunakan sebagai bahan campuran pada beberapa kosmetik. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu hancurkan timun, lalu oleskan pada wajah yang telah Anda bersihkan dan tunggulah hingga kering. Setelah kering, bersihkan dengan menggunakan air hangat dan lap dengan handuk kering.
3. Jeruk nipis
Jeruk yang kaya akan vitamin c ini sangat efektif sebagai cara mengatasi jerawat dengan menggunakan jeruk nipis. Selain murah, mengobati jerawat dengan jeruk nipis juga mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Anda hanya perlu mengambil sari jeruk, kemudian menambahkan dengan sedikit madu. Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan jeruk ini adalah dengan mengoleskannya secara merata pada wajah Anda, lalu tunggulah hingga kering. Baru setelah itu Anda boleh membersihkannya dengan menggunakan air hangat.
Nah, beberapa cara tersebut diatas bisa Anda lakukan secara rutin sebagai pencegahan atau pengobatan. Untuk pencegahan, silakan mengkonsumsi buah dan sayur secukupnya, selamat mencoba.